Minggu, 15 April 2012

Honda Beat Overtake Mio CW di Juni 2011




Ratu Skutik Baru

Roda memang berputar, kadang di atas dan tak jarang juga ada di bawah. Well, pepatah kuno tersebut rasa-rasanya pantas menggambarkan varian skutik Yamaha, Mio CW. Skutik yang begitu dominan selama nyaris 7 tahun akhirnya pada bulan Juni 2011 dikalahkan oleh “musuh” bebuyutan yaitu Honda Beat.


Kehilangan Mahkota

Berdasarkan data yang dirilis Mas Edorusyanto terlihat bahwa Honda Beat mampu unggul walaupun dengan selisih sangat tipis di bawah 1%. Kenaikan Beat yang mencapai 8,93% mampu membuat Beat jadi nomor satu ditambah dari faktor penurunan pasar Mio CW yang cukup besar. Jika Mei 2011 Mio CW bisa menguasai hingga 26,95% berarti di Juni ini penurunan yang dialami sebesar 4,28%.

Sebenarnya penurunan market share Mio CW tinggal menunggu waktu saja, secara sejak pertama kali keluar sekitar 7 tahun lalu, Mio CW praktis tidak pernah mengalami perubahan besar2an, hanya sebatas minor change. Selain itu, skutik pendamping untuk si CW ini tidak terlalu bisa diharapkan. Beda dengan skutik Honda yang begitu banyak menggelontorkan varian-varian baru. Faktor ini perlahan akan menggerogoti pasar si Mio CW. Dan terbukti dengan makin moncernya penjualan Vario Techno, Spacy dan Scoopy. Merekalah yang disinyalir menggembosi si ratu skutik.

Bagaimana YMKI menyikapi kondisi ini? menarik untuk menunggu counter attack yang akan dilakukan YMKI (kalaupun ada). Mungkin dengan mengeluarkan skutik baru yang fresh bukan sekedar facelift. Ingat, ratu skutik sudah lepas, bebek juga sudah kalah, masa harus menunggu segmen motor sport bertekuk lutut juga baru mau bergerak?!

karisnsz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar